Sabtu, 20 Desember 2008

Duduk Terlalu Lama Bisa Berbahaya Untuk Kesehatan

Penelitian : Duduk Terlalu Lama Bisa Berbahaya Untuk Kesehatan

Terlalu lama duduk bisa berbahaya buat kesehatan



Terlalu lama duduk bisa berbahaya buat kesehatan


Peringatan bagi para pekerja kantoran !! Duduk dalam jangka waktu yang lama beresiko menimbulkan penggumpalan didalam saluran darah atau dikenal dengan nama penyakit “deep vein thrombosis” (DVT).

Sebuah penelitian di New Zealand mempelajari 62 orang yang menderita penyakit DVT , termasuk supir taksi, pekerja IT, dan manajer. Mereka menemukan 34% diantara kasus tersebut disebabkan karena terlalu lama duduk selama bekerja. Sebab signifikan lainnya adalah faktor keturunan dari keluarga.

Menurut mereka, terlalu lama duduk bisa menjadi faktor penyebab kalau dalam 4 minggu seorang pekerja duduk selama 3 jam tanpa berdiri selama sehari. Pekerja IT (programmer, system analyst) dan supir taksi bisa duduk selama berjam-jam tanpa berdiri akibat pekerjaan.

Tertutupnya aliran darah akibat penggumpalan bisa menyebabkan pembengkakan serta rasa sakit di bagian tubuh tertentu dan hipertensi. Penderita DVT juga terancam meninggal kalau penggumpalan tersebut berpindah keparu – paru, menyebabkan “pulmonary embolism”.

Jadi apapun pekerjaan anda, sebaiknya jangan terlalu lama duduk. Ambil waktu beberapa menit setiap 1-2 jam untuk berdiri dan berjalan – jalan (diarea kantor, jangan malah jalan – jalan ke mall :P).

Tidak ada komentar: